0
PEMBERIAN/ SEDEKAH

Hadith diriwayatkan oleh Imam Bukhari:


حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ، حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ، حَدَّثَنَا هِشَامٌ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ حَكِيمِ بْنِ حِزَامٍ ـ رضى الله عنه ـ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏
 "‏ الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللَّهُ
Maksudnya:
Hakim bin Hiram RA dari Nabi SAW berkata,: "Tangan yang diatas lebih baik dari pada tangan yang di bawah, maka mulalah untuk orang-orang yang menjadi tanggunganmu dan sadaqah yang paling baik adalah dari orang yang sudah cukup (keperluan dirinya). Maka barangsiapa yang berusaha memelihara dirinya, Allah akan memeliharanya dan barangsiapa yang berusaha mencukupkan dirinya maka Allah akan mencukupkannya".

KETERANGAN:
ü  Tangan yang terbaik adalah tangan yang memberi dan menginfaq di jalan Allah. Dan tangan yang memberi dengan tidak menyebut-nyebut pemberian dan tidak menyakiti orang yang diberi.
ü  Orang yang paling berhak diberi nafkah adalah orang yang berada dibawah pemeliharaan Islam.
ü  Memelihara diri daripada meminta-minta dan merasa cukup dengan pemberian Allah SWT. Moga bertambah rezeki yang baik darinya dan membawa kepada jalan kemuliaan.

Tidak menjadi kesalahan kepada golongan yang meminta, namun usahakanlah mengurangkan sifat sedemikian serta memintalah banyak kepada Allah SWT dan berusaha untuk berubah menuju kepada golongan yang memberi. Kerana kelebihan bagi orang yang suka memberi itu sangat banyak. Walaubagaimanapun rezeki hanya dari Allah. Mungkin pada hari ini kita diatas dan tidak mustahil akan datang kita juga diuji untuk berada dibawah.

(Sahih Bukhari, Kitab Zakat, Hadith No: 1427,1428)

(Salim ‘Ied al-Hilal. 2005. Syarah Riyadus Solihin. PT.Pustaka Imam Syafie

0 comments:

Post a Comment

Back to Top